Dampak dari Kesalahan Pemulihan Pasca Operasi Sesar

Hai aku mau berbagi cerita tentang pemulihan pasca operasi sesar nih. Memang, aku orangnya itu ngeyel dan sulit diatur. Bahkan aku tidak mementingkan kesehatan pribadi ketika itu. Banyak dampak buruk yang aku alami dan alhasil jadi mengganggu aktifitasku hingga hari ini. Tapi, ini bukan apa-apa karena ya memang dipaksa oleh keadaan.

Menjadi mandiri, menjadi perantauan, menjadi orang yang riwet dengan hal-hal berbau, berantakan, dan pekerjaan yang menumpuk membuatku mengiraukan omongan dokter. Memang seharusnya pasca operasi harus beraktifitas tapi tidak boleh lebih dari 8 jam sehari, dan tidak boleh melakukan aktifitas terlalu berat. Berbeda denganku, aku melakukan aktifitas begitu berat, dan hanya tidur bahkan dua jam dalam sehari. Hal ini mengapa? ya karena aku terlalu khawatir dengan keadaan bayiku, terlalu tidak percaya kepada siapapun, karena pikirku, kalau bukan aku lalu siapa lagi?

Aku memprioritaskan kebersihan karena memang, sangat berbahaya bagi bayi terutama jika ada debu yang melintas, apalagi rumah kontakan kami tidak terlalu besar, jadi jika ada yang berantakan tentu sangat mengganggu. Bisa menyebabkan bayi bersin tanpa henti, batuk, dan bahkan sesak napas. Nah, karena aku tidak menginginkan hal itu terjadi, aku mulai menyortir apapun di rumah. Membuang yang tak perlu dan menata rapi semua barang, berulang kali dalam sehari. Hal itu yang membuatku sering drop dan jatuh sakit. Bahkan asiku tidak keluar melimpah.

Aku harap kalian tidak melakukan hal yang sama denganku ya, karena banyak sekali dampak buruk dari hasil kerja terlalu kerasku ini. Apalagi aku melakukan pekerjaan berat hanya dalam hitungan hari pasca operasi. Bahkan tetanggaku sangat sebel denganku tidak bisa dibilangin agar istirahat saja. Ya, kembali lagi pikirku, kalau bukan aku siapa lagi?

Padahal memang, sebulan pertama aku meminta pertolongan orang lain untuk mencuci baju Ken, dan memasak untuk makan siang dan makan malam. Kembali lagi, membereskan rumah dan lain-lain tidak ada yang membantu. Berbeda denganku, suamiku orangnya begitu cuek, sehingga aku memang harus turun tangan sendiri. Dia memang cukup membantu, tapi kembali lagi padaku, aku tidak pernah percaya kepada siapapun, bahkan setelah dibersihkan, aku masih merasa banyak yang kotor, sehingga ya aku mengulangi bersih-bersihnya.

Dampak besar kesalahan pemulihan pasca operasi sesarku

Masa nipasku 80 hari lebih

Pernah nggak sih kalian terbayang mengalami masa nipas yang sangat panjang dan menyakitkan? Ya, aku mengalaminya. Bahkan lebih dari 80 hari: alias hampir 3 bulan. Aku mengalami sakit yang parah di hari akhir-akhir masa nipas, karena memang dibantu oleh obat. Setelah aku konsultasi ke dokter, dokterpun memberikan resep untuk pemulihan dengan darah yang dikuras lah isitlahnya apa dalam kedokteran aku juga kurang tahu ya!

Efek samping obat tersebut memang menyakitkan, terasa seperti kontraksi yang parah. Berkali-kali aku menyalahkan diri sendiri, bahkan moodku sempat parah berantakan sekali. Pekerjaanku terganggu. Dan yang lebih parah lagi tentu, aku jadi lebih susah mengurus anak karena kesehatanku yang sudah seperti ini.

Aku hanya bisa berusaha agar kesehatanku terjaga pulih dan tidak mengganggu aktifitas. Jadi bagi kamu yang mengalami kondisi sepertiku, sebaiknya mementingkan hal-hal yang prioritas dan tidak terlalu keras kepala.

Untuk itu, berikut ini aku bagikan informasi apa saja yang harus dilakukan pasca operasi agar sehat dan cepat pulih, meskipun terlambat aku tetap menjalani pola di bawah ini:

Makanan dan minuman yang harus dikonsumsi setelah operasi sesar

Makanan yang mudah dicerna

Kita memiliki gas berlebih setelah melahirkan, jadi hati-hati, jangan makan makanan yang menyebabkan gas dan konstipasi. Hindari minuman soda dan makanan yang digoreng. Makan makanan yang kaya serat untuk menghindari konstipasi.

Protein

Protein membantu pertumbuhan semua jaringan baru dan membantu proses penyembuhan. Makanan kaya protein menjaga kekuatan otot setelah pembedahan. Kamu bisa makan ikan, telur, ayam, serta produk susu. Semua makanan ini mudah dicerna, terutama selama menyusui. Ikan mengandung asam lemak omega 3 dan telur mengandung zinc yang bermanfaat untuk kesehatanmu ya!

Vitamin C

Vitamin C mempercepat proses penyembuhan dan melawan infeksi operasi sesar. Antioksidan alami di vitamin C membantu tubuh memperbaiki jaringan. Kamu bisa sertakan banyak buah dan sayur seperti jeruk, melon, pepaya, stroberi, tomat, dan brokoli.

Zat besi

Zat besi penting untuk menjaga tingkat hemoglobin dan memperoleh kembali darah yang keluar selama proses melahirkan. Zat besi juga membantu fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan yang kaya zat besi antara lain kuning telur, daging merah, hati sapi, dan buah kering.

Kalsium

Kalsium membantu relaksasi otot, memperkuat tulang dan gigi, mencegah osteoporosis, dan membantu koagulasi darah. Sumber kalsium yang baik antara lain susu, yoghurt, keju, tahu, dan bayam.

Cairan

Minum banyak cairan penting untuk menghindari dehidrasi dan konstipasi. Hidrasi membantu buang air besar lebih lancar dan mempercepat proses pemulihan setelah pembedahan. Konsumsi setidaknya 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari dan sertakan cairan seperti susu rendah lemak, teh herbal, dan air kelapa.

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kemakmuran dalam hidup, dan yang paling penting selalu bersyukur ya! Apapun keadaannya kita semua punya Allah untuk berlindung. Yuk bagikan juga ceritamu di kolom komentar. Thankyou!

0 Points


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *